Cara Memulai Beternak Hamster

Bagaimana cara memulai beternak hamster? Kali ini JOYOmaru Story ingin membahas bagaimana caranya beternak hamster versi HAMBO – Hamster Bogor.

HAMBO atau Hamster Bogor adalah salah satu usaha peternakan hamster milik JOYOmaru yang dimulai pada bulan Januari 2015. Baiklah Joy’s, kita akan jelaskan tahapannya sebagai berikut :

1. Tentukan Target Pemasarannya
Jika Joy’s berniat untuk membuka usaha ternak hamster, ada baiknya Joy’s menentukan dulu tujuan target pemasarannya. Karena jika tidak, tentunya ketika hamster Joy’s sudah berkembang pesat, Joy’s akan kebingungan mengurusnya dan tentunya akan mengeluarkan banyak biaya. Hal ini harus dipertimbangkan ya Joy’s. Temukan terlebih dahulu minimal 2 toko penjual hamster yang sekiranya membutuhkan kiriman Hamster dari Joy’s. Selain menjual ke pedagang, kamu bisa lihat situasi sekitar tempat Joy’s beternak. Anak-anak biasanya menyukai hamster. Coba saja tawarkan pada mereka setelah memiliki anakan hamster. Jika sudah mengerti, kita lanjut ke tahap berikutnya.

2. Tentukan Jenis Hamster Yang Ingin Diternak
Untuk memulai beternak hamster, pastinya kita membutuhkan hamster bukan? Nah terdapat beberapa jenis hamster yang biasanya dipelihara oleh orang-orang. Jenis-jenisnya adalah Syrian, Campbell, Winter White dan Roborovski. Untuk di HAMBO sendiri yang paling laris adalah jenis Syrian. Kedua adalah Campbell, Ketiga Winter White dan terakhir Roborovski. Nah Joy’s tentukan dulu deh mau ternak yang mana. Jangan langsung semua. Fokus dengan satu jenis terlebih dahulu. Karena tiap jenis memiliki tingkat kesulitan yang berbeda dalam beternak. Saran saya sih mulai dari jenis Syrian. Karena Syrian menurut saya hamster yang paling mudah diternak. Selain itu mereka jarang ribut dengan teman-temannya. Selebihnya terserah Joy’s ya. Kalau mau mulai dari ternak Campbell juga boleh.

3. Tentukan Jumlah Betina dan Jantan
Untuk awal memulainya, waktu itu HAMBO memulai dengan memiliki 8 betina dan 4 jantan. Waktu itu HAMBO membeli anakannya. Sehingga membutuhkan waktu sekitar 2 bulan untuk bisa dikawinkan. Jika Anda memiliki cukup dana, saya sarankan untuk membeli indukannya langsung atau hamster dewasa. Sehingga bisa langsung dikawinkan. Untuk mengawinkannya nanti dijelaskan. Jadi tentukan dulu ya mau memulai dengan berapa hamster.

4. Siapkan Kandang Bersalin
Jika Joy’s sudah menentukan ingin memulai dengan berapa betina dan jantan, maka siapkan kandang bersalin yang jumlahnya sesuai dengan berapa betina yang Joy’s miliki. Hal ini bertujuan agar betina yang akan melahirkan nanti tidak terganggu dengan betina lainnya. Untuk kandang bersalin bisa mengandalkan box bekas ice cream seperti yang kami gunakan ini. Cukup dimodifikasi sedikit dengan diberikan ventilasi dengan menggunakan kawat.

5. Siapkan Makanan
Hamster adalah makhluk hidup yang membutuhkan makanan. Semua juga tau :D Makanan apa yang biasa dimakan hamster? Biasanya HAMBO menyediakan makanan racikan yang dibuat dari campuran : Millet Merah, Millet Putih, Pelet Koi, Pelet Lele, Pecahan Jagung, dan sedikit Kuaci. Warning! Jangan terlalu sering memberikan Kuaci ya jika ingin beternak. Karena Hamter yang kebanyakan makan Kuaci biasanya menjadi gemuk dan hasilnya adalah sulit hamil. Agar hamster cepat hamil, baiknya diberikan toge setiap hari. Makanan racikannya diberikan seminggu sekali saja.

6. Kawinkan!
Nah jika sudah cukup usia hamsternya, Joy’s bisa mulai untuk mengawinkannya! Usia hamster betina yang HAMBO mulai kawinkan adalah usia 2 bulan. Caranya cukup mudah : Tempatkan betina ke masing-masing kandang bersalin. Masukkan jantan bergiliran saja. Biarkan 3 hari bersama dengan betinanya. Jika sudah 3 hari, pindahkan jantan ke betina lainnya yang belum dikawinkan. Mudah bukan?

7. Jangan Sering Diganggu
Jika Joy’s ingin beternak, baiknya hamster ternak jangan diganggu. Biarkan saja sendiri. Jangan diganggu kecuali Joy’s ingin membersihkan kandangnya.

8. Saatnya Beranak
Biasanya lama kehamilan hamster adalah 20 hari. Jika sudah beranak, pastikan selalu tersedia makanan dan minuman di kandang tersebut. Jangan biarkan induknya kekurangan makanan. Jangan ganti serbuk kayu jika belum 1 minggu. HAMBO biasanya mengganti serbuk kayu setelah usia bayi tersebut 1 minggu.





9. Jual
Anak hamster usia 1 bulan biasanya sudah bisa cari makan sendiri. Akan tetapi ada saja yang masih menyusui dari induknya. Untuk menjualnya, saya sarankan jika usia anak hamster tersebut sudah mencapai 50 hari. Di usia tersebut biasanya hamster sudah kuat dan bisa mandiri. Joy’s bisa jual ke teman-teman, tetangga atau orang lain lewat dunia maya untuk mendapatkan nilai jual pada umumnya. Jika menjual ke pedagang biasanya kita hanya mendapatkan setengah harga dari harga pada umumnya. Tinggal bagaimana Joy’s memasarkannya saja.


Baik, sekian informasi mengenai bagaimana caranya memulai ternak hamster. Tidak ada yang mudah dalam memulai sesuatu. Akan ada hambatan-hambatan di dalam proses perjalanannya. Sabar dan konsisten menjadi kunci utama dalam meraih sukses di dalam bidang ternak hamster. Salam HAMBO.

Post a Comment

0 Comments