Sejarah Nama JOYOmaru

Nama JOYOmaru sudah terbentuk sejak tahun 2001 pada saat saya masih duduk di bangku kelas 3 SMP. Nama JOYOmaru itu sebetulnya terpecah menjadi 2 bagian : JOYO dan maru. JOYO sendiri saya dapatkan dari panggilan atau ejekan waktu kecil. Nama saya yang seharusnya Indra Wijaya diubah menjadi Indra Wijoyo Kusumo Cahyono sebagai bahan tertawaan. Hehe. Maka dari itu saat saya di SMP kelas 1 SMP, saya membuat nama JOY saja. Seiring berjalannya waktu, saya mendapati komik berjudul Si Botak Hagemaru. Saya sangat menyukai ceritanya karena tingkah konyolnya itu. Akan tetapi saya masih biasa dengan nama Hagemaru itu. Selanjutnya saya melihat lagi ada karakter dalam film Ninja Boy yang salah satu pemeran utamanya bernama Kirimaru. Dari situ saya melihat bahwa banyak sekali nama yang menggunakan maru. Maka dari itu saya ingin mengaplikasikannya ke nama JOY tersebut.

Salah Satu Tokoh Utama di Ninja Boy

Komik Hagemaru
Waktu awal-awal saya mencoba seperti ini :
JOYmaru – JOYAmaru – JOYImaru – JOYUmaru – JOYEmaru sepertinya tidak ada yang cocok sekali. Terbilang sangat aneh menurut saya. Sampai akhirnya saya mengingat waktu kecil sering disebut-sebut Wijoyo, maka saya gunakanlah kata JOYO tersebut dan ditambahkan maru, yang hasilnya sekarang menjadi JOYOmaru.

Saya kurang tahu persis kapan nama JOYOmaru betul-betul terbentuk, untuk tahunnya yang pasti tahun 2001. Hingga saat ini nama tersebut tetap seperti itu dan tidak ada perubahan sama sekali.


Logo JOYOmaru Sejak Dulu
Tiba saatnya waktu itu terpikir, sekitar tahun 2004 saya PKL di sebuah percetakan spanduk di Bogor, saya menjadi bagian desain. Saya masih tidak mengerti bagaimana cara membuat logo, sampai akhirnya saya mencoba membuat sebuah logo untuk nama JOYOmaru. Terlintas di pikiran saya huruf J dan saya mencoba untuk membuatnya sedemikian rupa dengan keterbatasan kemampuan untuk membuat sebuah logo. Sampai akhirnya terbentuklah logo yang sekarang ini bisa Joy’s lihat di blog ini. Dari dulu hingga saat ini logo JOYOmaru tetap seperti itu dan tidak mengalami perubahan sama sekali. Bentuk yang sederhana ini akan terus digunakan dan tidak akan diubah lagi.

Post a Comment

0 Comments