Perpanjangan SIM

Hari ini saya meluangkan waktu saya untuk melakukan perpanjangan SIM. Awalnya saya mendatangi Samsat karena saya mendapat informasi ini dari Iwanmaru. Akan tetapi ternyata di Samsat tidak melayani perpanjangan SIM. Saya disarankan untuk datang ke Polresta Bogor untuk perpanjangan SIM.

Dari situ saya langsung meluncur ke Polresta Bogor. Saya sangat bingung harus menuju loket yang mana. Saya tanya ke loket 1, katanya harus melakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu. Maka saya langsung melakukan pemeriksaan kesehatan dengan biaya Rp50.000,- dengan rincian sebagai berikut :
1. Asuransi : Rp30.000,-
2. Pemeriksaan kesehatan : Rp20.000,-

Langsung dari situ saya diminta untuk ke kantor BRI untuk melakukan pembayaran perpanjangan SIM sebesar Rp75.000,-. Setelah itu saya menuju loket 1 untuk memasukan berkas hasil pemeriksaan kesehatan serta bukti pembayaran tersebut lalu menunggu. Setelah diperiksa, berkas tersebut dikembalikan kembali melalui loket 2 dan diberikan selembar formulir yang harus diisi. Saya mengisinya lalu menyerahkannya kembali ke loket 3. Setelah itu diberikan nomor antrian untuk foto. Tinggal menunggu panggilan untuk masuk ke ruang foto. Tadi saya mendapat nomor antrian 35 untuk foto. Giliran saya pun tiba dan saya diminta untuk scan sidik jari jempol kiri dan kanan, setelah itu difoto. Selesai.

Langsung setelah difoto adalah saatnya menunggu kartu SIM selesai dibuat. Hanya menunggu kurang dari 1 menit setelah keluar dari ruangan foto, SIM pun selesai dibuat. Setelah itu saya langsung pulang karena sudah merasa lapar. 2 jam saya habiskan waktu saya di Polresta Bogor.

Bagi Anda yang ingin melakukan perpanjangan SIM, lebih baik lakukan sendiri. Karena ternyata lebih murah dan biayanya sudah pasti seperti yang ditetapkan. Seperti hari ini saya hanya mengeluarkan biaya sebesar Rp125.000,- saja. Tidak ada biaya tambahan atau biaya-biaya administrasi lainnya. Memang waktu yang dibutuhkan cukup banyak untuk melakukan perpanjangan, akan tetapi setelah melalui prosesnya, waktu yang terbuang tidak terasa percuma.

Saran saya agar saat menunggu prosesnya, lebih baik membawa gadget untuk bermain game atau apapun biar waktu menunggu tidak jenuh dan mengantuk. Selain bermain game juga bisa berkenalan dengan orang-orang di sekitar yang juga sedang menunggu agar tidak bosan.

Sekian cerita mengenai perpanjangan SIM yang saya lakukan hari ini. Semoga cerita ini bermanfaat.

Di bawah ini adalah foto SIM lama dan baru serta kartu Asuransinya :
SIM sebelumnya

SIM sebelumnya
SIM baru

SIM baru
Kartu Asuransi

Kartu Asuransi

Post a Comment

0 Comments