Waspada Pungutan Liar di Kelurahan

Hari ini (Rabu, 3 Agustus 2016) saya mengurus sendiri dokumen untuk kelengkapan Catatan Sipil di Kelurahan Babakan Pasar, Kota Bogor. Semalam (Selasa, 2 Agustus 2016) saya membuat surat pengantar dari RT RW RW untuk selanjutnya dibawa ke Kelurahan sebagai syarat pembuatan surat N1, N2 dan N4,

klik gambar untuk memperbesar gambar
Selanjutnya di Kelurahan saya diminta untuk menyerahkan persyaratan sebagai berikut :
1. Surat Pengantar dari RT & RW
2. Fotocopy KTP
3. Fotocopy Kartu Keluarga
4. 1 lembar Materai Rp6.000,-

Sambil menunggu, saya diminta untuk mengisi absen di Kelurahan tersebut. Hampir 1 jam menunggu, akhirnya surat N1, N2 dan N4 keluar. Ibu-ibu yang melayani saya ada 2 orang dan kedua orang itu terlalu fokus nonton TV dan yang satunya sambil mengetik sambil ngobrol serta nonton TV.

Setelah ibu-ibu tadi menyerahkan surat N1, N2 dan N4 kepada saya. Ia bilang "tinggal administrasinya aja". sambil berbisik. Lalu saya tanya, "jadi berapa?". Lalu si ibu-ibu tersebut menjawab dengan suara pelan (mungkin takut ketahuan pa Lurah) : "jadi lima puluh ribu".

Wah dalam hati saya ada yang tidak beres nih melihat gelagat si ibu-ibu ini. Akan tetapi karena saya orangnya tidak terlalu ribet, ya sudah saya keluarkan uang Rp50.000,- dan saya serahkan kepada ibu-ibu itu (sepertinya uangnya akan dibagi dua sama ibu-ibu yang satunya lagi).

Nah itu dia pengalaman saya tadi (Rabu, 3 Agustus 2016). Namun berdasarkan informasi yang saya baca setelah kejadian ini, saya baru tau, ternyata untuk mengurus surat-surat ini sebetulnya 100% GRATIS!

Jadi saya minta kepada Anda sekalian yang belum pernah atau akan mengurus surat-surat di Kelurahan, ada baiknya cek dulu mengenai biaya-biaya kepengurusan surat-surat di Kelurahan tempat Anda. Anda bisa tanya langsung ke pa Lurah agar tidak ada oknum yang memanfaatkan kesempatan ini untuk mencari penghasilan tambahan dengan memanfaatkan pungutan liar kepada warga yang sedang mengurus surat-surat.

Berikut ini adalah bukti (tanda terima) yang saya minta dari ibu-ibu tadi terkait bayaran yang saya serahkan kepada ibu-ibu itu untuk kepengurusan surat N1, N2 dan N4 :

klik gambar untuk memperbesar gambar
Si ibu-ibu tadi enggan mengeluarkan kwitansi resmi dari Kelurahan. Maka dari itu ia hanya memberikan selembar kertas yang ditulis seperti pada gambar diatas saja.

Catatan : Saya bukan pelit, tapi saya lebih ikhlas memberi jika ia bilang "Ada biaya administrasi, hanya sifatnya sukarela". Mungkin jika ia bilang seperti itu, akan lebih saya hargai.

Post a Comment

0 Comments