Kawan Jadi Lawan


Beberapa waktu yang lalu menjadi saat di mana kasus pencurian informasi di HAMBO berlangsung tanpa saya sadari. Lucu sekali kan?

Pencurian informasi yang terjadi di HAMBO ini berlangsung begitu saja tanpa ada kecurigaan saya kepada lawan bicara saya saat itu. Kerjasama pun pernah berlangsung diantara kita, namun saya akhiri ketika saya mengetahui tujuan utama dari orang tersebut mendekati saya selaku pemilik usaha bernama HAMBO.

Istri saya pun sudah berulang kali mengingatkan saya bahwa saya harus waspada akan informasi yang saya berikan kepada orang tersebut, namun saya mengabaikannya. Sampai pada akhirnya saya baru menyadari apa yang istri saya sampaikan ini memang benar terjadi.

Maka untuk saat ini saya sangat waspada dengan orang-orang yang mendekati saya untuk mendapatkan banyak informasi mengenai usaha saya. Akan jauh lebih baik saya melayani orang yang hanya ingin berbicara mengenai hal lain diluar pembicaraan mengenai alur bisnis saya dan informasi-informasi penting terkait bisnis saya.

Saat ini banyak cara yang saya gunakan yang pernah saya share kepada orang tersebut dapat diduplikasi dengan sangat leluasa dan terbukti berhasil hingga saat ini. Memiliki toko online, Youtube dengan subscribers dan views yang meningkat, grup hamster yang aktif dan lain sebagainya.

Informasi ini secara cuma-cuma saya bagikan kepada orang tersebut sehingga awalnya menjadi kawan berbisnis, kini menjadi lawan berbisnis.

Namun saya banyak belajar dari hal ini, yang dimana saya tidak akan lagi menerima kunjungan dari pembeli yang berniat untuk mencuri informasi. Hal ini dapat diketahui jika si pembeli mulai bertanya-tanya hal privasi dalam bisnis yang sedang saya kerjakan, seperti modal, supplier dan tips berbisnis.

Bukan saya tidak ingin berbagi informasi, akan tetapi jika informasi yang saya berikan ini menjadikan boomerang kepada bisnis saya sendiri, maka tentunya menjadi penyesalan tersendiri di dalam diri saya. Kawan yang menusuk saya dari belakang, meng-copy ide bisnis dan menjalankannya dengan leluasa, apalagi sekarang customer saya diambil melalui jalur grup Whatsapp yang saya bangun sendiri.

Trik yang sangat bagus, menjadikan harga saya sebagai patokan dan menjual lebih murah dari saya untuk bisa menggaet para customer saya di grup HAMBO.

Ok, saya bersyukur atas kejadian ini, karena ini akan menjadi pelajaran yang sangat berarti dalam hidup saya. Dan tentunya saya akan lebih berhati-hati terhadap orang-orang seperti itu. Saya doakan semoga usahanya semakin sukses, terima kasih sudah menjadikan saya tangga/jalan pintas untuk kesuksesan usahanya.

Post a Comment

0 Comments